Local People #Berau

Friday, August 19, 2011 akukie 4 Comments

Berbekal cerita serem tentang orang2 di kalimantan, gw jadi sedikit parno untuk ketemu sama penduduk Berau. Gak berani ngaku kalo gw turis disana, sebisa mungkin gw berpenampakan kaya penduduk lokal, huuu padahal jalan2 dengan matahari terik bikin kangeun sama kaca mata jengkol gw.. hahahha salah ndiri yah gengsian..

Selama gw di sana malah ketemu yang baek2 semua. Ada kejadian yang bisa bikin gw berkesimpulan kalo keparnoan gw salah besar. Jadi begini ceritanya.. saat gw site visit, Rizal tetep kerja seperti biasa, bedanya yah tinggal di hotel dan ditemani istri tercinta. Karena bosen kalo cuma diem di kamar nunggu Rizal pulang, gw kepikiran untuk maen berdua sama Queen jalan2 keliling kota. Setelah minta ijin sambil nanya2 rute angkot, yang ternyata cuma ada satu rute muter2 tanjung redep, akhirnya gw berani jalan berdua aja. Tujuan sebenernya pengen tau pasar di Berau. Buat ibu2 wanita yang doyan belanja masak buat keluarga dan ketiadaan hypermarket disana, jadi wajib rasanya untuk tau letak dan kondisi pasar.

Berangkatlah kita ke pasar pake angkot yang dicegat agak jauh dari hotel untuk melancarkan niat "gak mau dianggap turis". Sebelum gw naek udah ada beberapa penumpang di dalem angkot, bisa dibilang penuh laah, dan Sepanjang perjalanan gw cuma diem aja sampe ibu2 berpenampakan lusuh gendong anak seumuran Queen ngajak ngobrol. *alarm waspada gw mulai nguing2* Gw jawab seperlunya sambil senyum seadanya tanpa melakukan kontak mata hanya ngeliat ke arah si ibu. Lalu si ibu nyuruh anaknya yang lebih besar buat berbagi coklat sama Queen (si kakak emang bawa sekantong gede wafer coklat), yang langsung disamber Queen, gw cuma bilang makasih sambil was-was coklatnya "gak aman" *doohh pliss deh parno..husshuss!*. Gw telat sadar kalo se-angkot ini memang saling ngobrol, bahkan ketika ada penumpang baru, si kakak pemberi coklat jadi pindah ke pangkuan ibu di sebelah gw, setelah dipaksa ditawari. Gw kira mereka keluarga yang pergi rombongan, tapi turunnya kok gak barengan yaa?? dan pertanyaan gw pun terjawab setelah si ibu bilang kalo sebelum naik angkot ini mereka gak saling kenal. *Kabel alarm gw mendadak copot satu deh kayanya* dari sekian banyak tentunya..hahahha

Sampailah kita di Pasar, kesan pertama gw sih pasar ini kereen, nampak sejenis ITC besar, bersih dan lengkap.


Pasar induk berau, hasil comot dari blog orang, boro2 lah mikir foto2 disana..hehehe

Setelah puas keliling, sempet nyasar dan berhasil bawa sekeresek gede ikan asin buat oleh2, akhirnya gw pulang pake angkot lagi. Kali ini angkotnya kosong cuma ada emang2 penjual kapal2an, jadi gw sempet kasi enyo buat Queen dan rebahan naro semua barang yang gw bawa di bawah. Masih melancarkan aksi "gak mau dianggap turis" gw pun turun agak jauh dari hotel, sekalian cari makan siang. Gak perlu jalan jauh sampailah di warung yang jual soto ayam. Bungkus satu porsi buat makan di kamar, matahari di warung soto gak bersahabat. Setelah bayar dan siap pulang gw baru sadar kalo yg gw bawa cuma keresek gede isi ikan asin. Queen sih gak usah ditanyain yah..masih aman tidur nyenyak di babywrap nya. Haaiihh..tas gw ketinggalan di angkot tadi donk..disana kan ada henpon, tiket pulang Rizal, pledis file kerja yg gw bawa kalo2 harus kerja remote, dan sisanya pernak pernik Queen yg leubar atuh kalo ilang.. :| *straight face*

Sambil panik gw jalan berusaha ngejar angkot yang ga mungkin juga kekejar karena pasti udah jalan jauh. Keliatan kali yah kalo orang lagi panik, setelah nanya keberadaan ojeg sama mas2 kios voucher pulsa, gak lama kemudian gw jadi seleb dikerubutin wartawan curhat seadanya sambil minta si bapak2 buat anter ngejar angkot tadi. (gw gak tau ojek or bukan, hahahha)
Ibu kios itu juga baik hati nyuruh si keresek gede dititipin aja biar ga ribet. *dan gw masih takut juga keresek itu bakal gak aman*. Keparnoan gw Kebaca kali yah sama si ibu yang kemudian berusaha nenangin gw kalo si bapak ojek juga pasti bakal kemari lagi. Yo wess titip2 barang lalu meluncurlah kita..

Setelah kasih ciri2 angkot dan sopirnya, bapak ojek ini nganterin gw muterin Tanjung redep menyusuri kemungkinan jalur angkot. ya..baru kemungkinan jalur karena di berau gak ada trayek khusus. Hanya ada satu jenis angkot, mobil semacem Carry warna biru dongker yang muterin kota kemanapun si abangnya mau. Duakali puteran, nanya ke sopir angkot yg bapak ojek kenal, pergi ke pasar lagi, isi bensin eceran yg harganya gak masuk akal (4liter = 50rb) SPBU pertamina nampak kaya landmark kota, bangunan tak terpakai yg ditinggalkan pemiliknya, dan sempet2nya juga pinjem hape bapak ojek buat nelpon suami dan tentu saja nelponin hape tercinta yg ada di tas ilang. hayoo apa yg bakalan orang2 pikirin kalo hape hilang yg setelah coba ditelponin gak bisa dihubungi karena kondisinya ga aktif?? pasti berfikiran sama kaya gw kan?? pasti si hape udah pindah tangan dan dinonaktifkan sama si "penemu" karena mau diakuisisi oleh YBS.. yakaan..? yakaan?!

Akhirnya gw berusaha pasrah aja merelakan semua barang gw beserta tasnya yg kalo inget harganya bikin sesek mendadak lagi. Setelah bayar bapak ojek dengan harga "berapa ajah terserah mbak" gw pamit dan jalan lemes menuju hotel sambil gendong Queen bobo dan jinjing sekeresek ikan asin. Masih gak rela Barang2 gw ilang, tapi akhirnya pasrah dan gw berusaha sadar2in diri, mungkin musibah ini salah satu peringatan buat gw karena kurang berbagi sama orang2, mungkin selama ini gw terlalu disibukkan sama materi dan kurang ibadahnya, dan mungkin ini pertanda saatnya gw akan dibelikan tas baru plus henpon yang lebih canggih.. :D

Seeiring dengan pasrahnya hati gw merelakan si tas dan isinya,karena pemikiran terakhir kayanya, tepat di depan hotel gw liat angkot beserta emangnya yang dari tadi gw cari2 sampe berasa city tour kota tanjung redep. Voila..berharap apa yang diliat bukan hanya fatamorgana, dengan menggunakan mata gw ikutin terus angkot tadi sampe dia berhenti di sebrang jalan di depan gw dan si emang di dalem teriak sambil ngacung2 tas yang dari tadi gw rindukan.. Hamdalah tas gw kembali!!! Si emang bilang dia dari tadi nyariin gw dan gak tau lagi mesti nyari gw di mana, karena udah beberapa kali puter balik si empu tas (iyah gw maksudnyah) kagak keliatan atw nongkrong nongguin dia balik. Sambil senyum2 seneng tapi pupus harapan punya tas dan hape baru, gw gak sempet curhat juga kalo gw pun nyariin dia,bisa jadi skrip pelem cinta dengan judul "akhirnya ku menemukan mu" donk ntar.. Gw cuma sempet berulang2 bilang makasih, dan ngeluarin selembar uang biru sebagai tanda terimakasih yang ditolak mentah2 sama si emang angkot baik hati ini. Gw tetep keukeuh dan nyimpen si biru di dasbord mobilnya dia. Sempet2 nya pula dadah2 bilang makasih sambil liat si angkot pergi yg konyolnya lagi, gw masih di tengah jalan dua arah yang menjadikan gw kaya ibu2 minta ditabrak..dooh!

Setelah nyampe kamar dan cerita heboh sama Rizal tentang kejadian yang gw alami barusan, sang suami cuma bereaksi kalem dan bilang kalo di Berau mah tingkat kejahatannya rendah. Bahkan kalo kita ninggalin Motor di pinggir jalan sepi beserta kuncinya yang masih nempel pun, sampe besok harinya pun gak bakalan ilang. Hoalah segitu aman kah berau?? Tapi minim kejahatan bukan berarti gak ada yah.. Waspada dan hati2 mah udah jadi SOP yg wajib dijalankan dimanapun kaki berpijak.


Terimakasih bapak pemilik http://aryanugraha.wordpress.com , saya tampilkan foto pasar nya di mari..hehehehe

You Might Also Like

4 comments:

  1. alhamdulillah cus, itulah tandanya dirimu teh irg baik makanya org jg baik jg ke cus^^.

    gw mah klo ada di kota baru suka jalan2 sendiri sambil suka senyum ke org2 yg papasan, biar feel good n secure hehe #ato malah dikira gila haha

    ReplyDelete
  2. amiin..mudah2an selalu ketemu sama orang2 baik kemanapun kaki melangkah..:D

    hahaha..Gw mah rada2 kapok kasih senyum ke orang2 gak dikenal.Pas baru pindah Jkt, seperti biasa gw jalan sambil senyum(polite doang,tarik bibir sambil angguk kepala)ke orang2 yg papasan, dan si bapak yg gw kira tetangga ini, dengan semena2 ngatain "kenapa mbak?!" dengan nada yg bikin gw ngerasa jadi wanita genit sedunia..hahhaha

    ReplyDelete
  3. Iya Tan,Terkondisikan nampaknyo..

    ReplyDelete